oleh

Lindungi Armenia, Rusia Siap Hadapi Azerbaijan Bila Nekat Menyerang Armenia di Wilayahnya

Rusia Siap Bela Armenia

serayujatim.com || Kali ini Azerbaijan akan berpikir dua kali untuk melanjutkan pertempuran hingga memasuki wilayah Armenia.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, sebab ada kemungkinan Raksasa Beruang Merah (Rusia) akan bersiap melindungi negara Armenia dari serangan Azerbaijan.

Mengutip dari AFP, Senin (2/11), militer Armenia sendiri sudah mengalami banyak kekalahan dalam pertempuran di Nagorno – Karabakh.

Bahkan Ibu negara Anna Hakobyan akan dikirim ke Medan perang demi negaranya.

Ini negara Armenia siap tempur melawan azerbaijan
Anna Hakobyan Ibu Negara Armenia (foto : istimewa)

Dikarenakan sudah hampir pasti mengalami kekalahan, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan menulis surat yang ditunjukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sang Perdana Menteri meminta bantuan kepada Moskow agar segera mendatangkan bala bantuan untuk menghalau gerak maju pasukan Azerbaijan.

Moskow tentunya bersedia mengirimkan pasukan untuk mempertahankan wilayah Armenia dan bila perlu menghancurkan Azerbaijan.

Pasalnya sang Beruang Merah mempunyai pangkalan militer di Gyumri, Armenia dan menjalin Pakta pertahanan dengan Yerevan.

Perdana Menteri Armenia telah meminta Presiden Rusia agar segera memulai konsultasi mendesak dengan tujuan untuk menentukan jenis dan jumlah bantuan yang dapat diberikan Federasi Rusia kepada Armenia untuk memastikan keamanannya,” ujar Kementrian Luar Negeri Rusia, dikutip AFP.

baca juga : 

Namun Rusia tidak akan bertempur dengan Azerbaijan di wilayah Nagorno-Karabakh, pasalnya wilayah itu masih menjadi bagian yang sah dari negara Azerbaijan dan diakui oleh PBB.

Rusia akan ikut berperang bila Azerbaijan memulai penyerangan ke wilayah negara resmi Armenia.

“Jelas Rusia akan memberi Yerevan semua bantuan yang diperlukan bila pertempuran terjadi langsung di wilayah Armenia,”ungkap Kementrian Luar Negeri Rusia.

Rusia Siap Bantu Armenia
Tentara Armenia (dok: foto istimewa)

Namun, Rusia juga menyerukan agar pertempuran segera dihentikan dan kedua negara harus berunding untuk bisa menghentikan perang, dimana dalam hal ini Moskow siap menjadi penengah kedua belah pihak.(FAK)

 

Rusia Siap Bela Armenia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

News Feed