oleh

Planet Merah Mendekat ke Bumi Hari Ini

Mars Mendekat ke Bumi

serayujatim.com|| Jakarta 6 Oktober 2020 – Planet Mars atau yang biasa kita sebut dengan Planet merah  akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi pada pekan ini.

Fenomena ini akan mendapati puncaknya pada Selasa(6/10), dimana peristiwa ini menjadi sangat langka karena planet Mars akan memiliki jarak terdekatnya dengan Bumi untuk 15 tahun ke depan.

Sebenarnya jarak antara kedua planet hanya terpisahkan sekitar 62,1 juta kilometer. Memang terdengar masih jauh, namun biasanya jarak antara planet Mars dengan Bumi bisa mencapai 63,29 juta kilometer.

Dampak langsung dari fenomena tersebut adalah Mars tampak lebih besar dengan warna merahnya yang menyala khususnya pada malam 6 Oktober 2020.

Itulah kenapa para ahli astronomi menyebut bahwa hari ini adalah hari terbaik mengamati si planet merah.

Mendekatnya Mars dan Bumi ternyata terjadi karena bentuk orbit Mars dan Bumi yang tidak bulat, melainkan elips.

Keduanya pun bisa berada di jarak yang dekat dengan satu sama lain tanpa bertabrakan.

baca juga:

Revolusi Bumi memakan waktu 365 hari sedangkan Mars mencapai 687 hari. Artinya ketika Bumi berada di dekat Matahari, Mars menjauh darinya.

Formasi yang dibentuk oleh Matahari, Bumi, dan Mars ini disebut sebagai oposisi. Ketika ini terjadi, Mars secara penuh mampu memantulkan cahaya Matahari sehingga terlihat begitu terang dari Bumi.

Puncak dari oposisi sebenarnya terjadi pada 14 Oktober 2020. Namun jika diukur, jarak terdekat antara Mars dan Bumi terjadi di 6 Oktober 2020.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya peristiwa ini terjadi pada tahun 2018.

Jarak antara keduanya hanya sekitar 57,6 juta kilometer. Di tahun 2020 ini, posisi Mars dan Bumi memang tidak sedekat itu, namun inilah jarak terdekat dalam waktu 15 tahun ke depan. (FAK)

 

Mars Mendekat ke Bumi

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed