oleh

India: Tentara China Yang Melepas Tembakan ke Udara

Tentara India baku tembak dengan tentara china

India: Tentara China Yang Melepas Tembakan ke Udara – Tentara India baku tembak dengan tentara china

SerayuJatim.com – Konflik yang terjadi antara India dan China kini masih berlanjut. Pada Selasa dini hari, (8/9). Kini, kedua negara itu saling tuding terkait tembakan peringatan di perbatasan sengketa di Himalaya barat. China menyatakan, pasukannya terpaksa melakukan “tindakan balasan” setelah tentara India melintasi perbatasan Himalaya dan melepas tembakan.

Hubungan antara kedua negara belum juga membaik, bahkan cenderung terus memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Tembakan ini menandai  untuk pertama kalinya dalam 45 tahun tembakan dilepaskan di sana, menjadi suatu pelanggaran dari kesepakatan yang pelarangan dalam penggunaan senjata api.

India dituduh telah melanggar perjanjian bilateral yang disepakati kedua negara. Seperti dilansir Reuters, Selasa (8/9/2020), juru bicara komando militer bagian barat, Zhang Shuili, menuturkan bahwa penjaga perbatasan China mengambil ‘suatu tindakan pencegahan’ untuk menstabilkan situasi. Menurut media pemerintah China, Global Times, pasukan India telah “secara ilegal dan sadar” telah melintasi Garis Kontrol Aktual (LAC) ke wilayah pegunungan Shenpao, dekat tepi selatan Danau Pangong Tso” mengutip kolonel senior Zhang Shuili, juru bicara militer China.

Perjanjian pada tahun 1996 antara kedua negara, melarang penggunaan senjata api dan bahan peledak dari Garis Kontrol Aktual. Sebagaimana diketahui bahwa disana ada perbatasan yang sedang disengketakan, meskipun di wilayah itu tentara kedua pihak sering bentrok sebelumnya.

Baca juga :

Protokol tanpa senjata api itu pada praktiknya tidak mencegah jatuhnya korban jiwa. Dalam bentrokan sengit pada Juni lalu, sedikitnya 20 tentara India tewas dalam pertempuran jarak dekat dengan tentara China. Insiden itu mendorong China dan India mengerahkan pasukan tambahan di sepanjang perbatasan.

Ketagangan itu terjadi hanya satu hari setelah militer India memberitahu para pejabat China tentang laporan lima warga sipil India telah diculik.

India: Tentara China Yang Melepas Tembakan ke Udara
Ilustrasi tentara China Foto : LIU JIN AFP

Menurut militer India, PLA melepaskan beberapa tembakan ke udara saat bertemu tentara India. “Dan ketika dibujuk oleh kami (tentara India-red), tentara PLA menembakkan beberapa peluru ke udara dalam upaya mengintimidasi tentara kami,” demikian pernyataan militer India.

Militer India tidak pernah melanggar batas wilayah LAC atau mengerahkan cara-cara agresif, termasuk melepas tembakan,” tegas militer India dalam pernyataannya.

“PLA-lah yang secara terang-terangan melanggar perjanjian dan melakukan manuver agresif, sementara keterlibatan dalam level militer, diplomatik dan politik sedang berlangsung,” imbuh pernyataan itu. (FAK)

 

India: Tentara China Yang Melepas Tembakan ke Udara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

News Feed