oleh

Presiden Erdogan Peringatkan Presiden Perancis

Erdogan Semprot Macron

Erdogan Peringatkan Presiden perancis

serayujatim.com – | Turki – Sabtu (12/9) Presiden Turki memperingatkan presiden Perancis untuk tidak bermain api dengan Turki ditengah ketegangannya dengan Yunani sebagaimana dilansir dari AFP.

“Jangan main-main dengan rakyat Turki. Jangan main-main dengan Turki,” kata Erdogan presiden Turki dalam pidatonya yang disiarkan langsung oleh televisi pemerintah pada peringatan 40 tahun kudeta militer 1980.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya presiden Perancis Macron menghujat keras Turki atas klaimnya terhadap temuan cadangan minyak di sekitar Laut Mediterania Timur, bahkan Macron juga mengutuk keras karena kebuntuan antara hubungan Turki dengan Yunani dan Siprus.

Presiden-perancis-disemprot-erdogan-presiden-turki
Presiden Perancis Emmanuel Macron (dok.britannica.com)

Erdogan mendesak Yunani untuk menjauhi tindakan yang salah di sekitar perairan yang disengketakan itu, walau tindakan itu didukung oleh negara-negara lain seperti Perancis.

Bulan lalu angkatan laut ke dua negara berlatih di perairan tersebut. Hal itu dibalas Perancis dengan meningkatkan kehadiran militernya di kawasan itu.

Ketegangan terbaru dimulai setelah Turki mengerahkan kapal penelitian Oruc Reus yang dikawal kapal perang ke perairan yang disengketakan pada 10 Agustus dan memperpanjang misi sebanyak tiga kali.

Kapal-perang-Turki-mengawal-laut-mediterania
Kapal perang Turki mengawal misi di Laut Mediterania Timur (dok.turkey.theglobepost.com)

Namun, Erdogan menepis pernyataan Macron sebelumnya dan menuduh bahwa presiden Perancis itu kurang paham akan pengetahuan sejarah.

“Tuan Macron, Anda akan lebih banyak masalah dengan saya,” ancam Erdogan.

Itu menjadi komentar pertama Erdogan secara langsung kepada Macron setelah memilih diam beberapa waktu terakhir.

Erdogan juga mengatakan supaya Perancis berkaca, terutama pada perbuatan Perancis di Aljazair dan perannya dalam kejadian genosida di Rwanda pada 1944.

Hubungan antara Turki dan Perancis telah memburuk di Mediterania timur. Kedua sekutu itu juga tidak setuju pada masalah besar lainnya termasuk konflik Suriah dan Libya. Ankara dan Paris sebelumnya bertukar duri setelah para pejabat Perancis pada 2018 bertemu dengan para pemimpin Kurdi Suriah terkait dengan milisi yang didukung AS yang dipandang oleh Turki sebagai “teroris”. (FAK)

 

Erdogan Peringatkan Presiden perancis

Penelusuran terkait

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed