oleh

Endro Hermono Bagikan 100.000 Batang Bibit Kakao

Endro Hermono Bagikan 100.000 Batang Bibit Kakao – Endro Hermono Turunkan Bantuan Di kabupaten Blitar

serayujatim.comBlitar (6/8) anggota DPR RI Ir. Endro Hermono, MBA melaksanakan giat penyerahan bantuan bibit kakao sebanyak 100.000 batang di kabupaten Blitar. Bantuan bibit kakao ini merupakan hasil kerjasama antara komisi IV DPR RI dengan Direktorat Jendral Perkebunan dari kementrian Pertanian.

Dalam sambutannya, Endro Hermono mengatakan bahwasanya saat ini peminat petani Kakao sudah mulai menurun, karena kakao terkenal sebagai tanaman dengan tingkat ketahanan penyakit atau virus yg rendah.

“Saat ini, kita sudah mulai ada benih kakao dengan kualitas unggul seperti jenis benih kakao MCC 02 atau Sulawesi 2, benih-benih tersebut terkenal karena lebih tahan virus atau penyakit, semoga dengan adanya bantuan benih kakao dengan kualitas unggul tersebut peminat petani kakao di Blitar bisa kembali meningkat seperti sebelumnya,”kata Endro Hermono.

Endro Hermono Bagikan 100.000 Batang Bibit Kakao
Endro Hermono Memberikan Sambutan (dok.serayujatim.com)

Pada kesempatan ini turut hadir perwakilan dari balai besar perbenihan dan proteksi tanaman perkebunan Ditjenbun kementrian pertanian dan perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Blitar.

Dalam sambutannya,Sumartono,S.P selaku perwakilan dari balai besar perbenihan dan proteksi tanaman perkebunan menyampaikan,” bahwa memang benar tanaman kakao ini memang terkenal dengan tanaman yang rawan sekali dengan berbagai penyakit, namun bila memungkinkan nanti bisa kita lakukan studi banding ke daerah Sulawesi karena di daerah itu banyak petani kakao yang sudah berhasil mengelola tanaman ini, dan kami dari balai besar siap untuk selalu mendampingi calon penerima bantuan kakao di Blitar ini agar bisa berhasil seperti petani yang ada di Sulawesi,” kata Sumartono.

Selain dihadiri oleh anggota DPR RI dan perwakilan Balai Besar, acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Blitar, yaitu Johan selaku perwakilan dari bidang perkebunan.

Dalam sambutannya, Johan mengatakan bahwa tanaman kakao memang tanaman yang mudah terserang penyakit,” memang benar tanaman kakao ini adalah tanaman yang mudah terserang penyakit, tetapi bila nanti benih yang turun ini dari kualitas unggul seperti MCC 02 atau Sulawesi 02 saya yakin pasti lebih tahan dalam menghadapi penyakit ataupun virus,” kata Johan.

“Karena saya sudah puluhan tahun di bidang perkebunan, Insyallah nanti saya siap mendampingi penerima bantuan supaya program ini bisa berhasil,” imbuh Johan.

Endro Hermono Bagikan 100.000 bibit Kakao
Endro Hermono bersama perwakilan dari Balai Besar, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, dan Tjujuk Sunario (dok.serayujatim.com)

Proses penyerahan bantuan bibit kakao ini juga cukup menarik perhatian, karena juga dihadiri oleh calon Wakil Walikota Blitar, yaitu Ir. Tjutjuk Sunario,MM yang juga dari kader Partai Gerindra. (FAK)

 

Endro Hermono Bagikan 100.000 Batang Bibit Kakao di Kabupaten Blitar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed