oleh

Laporan PENTAGON : China Adalah Sebuah Ancaman

PENTAGON Melaporkan Bahwa Perkembangan Militer China Adalah Sebuah Ancaman

Laporan PENTAGON : China Adalah Sebuah Ancaman –

PENTAGON Melaporkan Bahwa Perkembangan Militer China Adalah Sebuah Ancaman

WASHINGTON – Angkatan Udara China kini semakin trengginas. Tercatat saat ini Angkatan Udara China memiliki Jet tempur generasi ke 5, drone penyerang terbaru, pesawat pendukung lainnya, serta rudal pertahanan buatan Rusia. Hal ini membuat Pentagon membuat laporan dengan mengkategorikan Angkatan Udara China sebagai ancaman besar bagi negeri adi kuasa tersebut.

Angkatan Udara China kini tercatat menjadi Angkatan Udara terbesar di dunia yang ke-3. Hal ini diperkuat dengan dikeluarkannya laporan dari pentagon dengan judul “Military and Security Developments Involving the People’s Republic of China 2020“. Dalam laporan tersebut diuraikan bahwa saat ini Angkatan Udara China memiliki sekitar 2.500 pesawat.

“PLAAF dengan cepat mengejar Angkatan Udara Barat di berbagai kemampuan dan kompetensi,” bunyi laporan Pentagon, merujuk pada total 2.500 pesawat dan sekitar 2.000 pesawat tempur Angkatan Udara China, yang dikutip dari situs resmi Pentagon, Senin (7/9/2020).

Baca Juga:

Dalam penilaian Pentagon, mereka memandang bahwa saat ini  China sedang memperluas pengaruhnya di seluruh Asia timur dan dunia terutama dengan bantuan Angkatan Laut yang dimilikinya. Saat ini, menurut laporan itu Angkatan Laut China adalah Angkatan Laut yang terbesar di dunia dengan 350 kapal permukaan dan kapal selam yang dimiliki, termasuk lebih dari 130 kombatan permukaan utama.

Laporan PENTAGON : China Adalah Sebuah Ancaman
marinir china dalam sebuah latihan (dok.Pu Haiyang/VCG via Getty Images)

Laporan itu juga menggambarkan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sebagai kekuatan darat terbesar di dunia, yang terus bertransisi menjadi kekuatan darat yang modern, mobile, dan mematikan. Selain itu, laporan tersebut juga menyinggung tentang militer Beijing yang mengoperasikan sistem pertahanan udara S-400 canggih buatan Rusia. Seperti diketahui, saat ini S-400 buatan Rusia adalah salah satu sistem pertahanan udara yang sangat canggih di dunia.

Laporan PENTAGON : China Adalah Sebuah Ancaman
Prajurit China dalam sebuah parade (dok.news.cgtn.com)

Laporan itu diperkuat dengan pernyataan langsung dari Presiden China Xi Jinping tentang pentingnya mengembangkan kendaraan udara tak berawak sebagai bagian dari PLAAF, “Beijing saat ini sudah memiliki pesawat canggih dan senjata pertahanan udara” kata Xi Jinping.

Badan Intelijen Pertahanan AS pernah merilis laporan tahunannya tentang kekuatan militer China pada 2019, yang mengungkapkan bahwa PLAAF sedang mengembangkan pesawat pembom siluman jarak menengah dan jarak jauh baru yang mampu menyerang target regional dan global. Dokumen tersebut menambahkan bahwa upaya berkelanjutan Beijing untuk memodernisasi Angkatan Laut-nya menutup kesenjangan dengan Angkatan Udara Barat di berbagai spektrum kemampuan, seperti kinerja pesawat, dan peperangan elektronik. (FAK)

 

china-adalah-sebuah-ancaman

Penelusuran yang terkait dengan Laporan PENTAGON : China Adalah Sebuah Ancaman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed