oleh

Cegah Penyebaran Covid 19, Polres Blitar Kota Adakan Deklarasi Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan


Cegah Penyebaran Covid 19, Polres Blitar Kota Adakan Deklarasi Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan – 

Serayu Jatim.com | Blitar – Kamis (10/9/2020) pagi, Polres Blitar kota mengadakan deklarasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid -19 selama pelaksanaan tahapan pilkada kota Blitar.

Deklarasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan tersebut dihadiri dan diikuti oleh TNI, Polri, KPU, Bawaslu, Gugus tugas, DPRD kota Blitar, perwakilan partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan organisasi masyarakat. Dalam deklarasi tersebut, mereka berkomitmen untuk mengedepankan penerapan protokol kesehatan selama pelaksanaan pilkada kota Blitar.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Blitar kota, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan bahwa saat ini pandemi covid 19 masih belum berakhir, dan penambahan kasus positif covid 19 juga masih terus terjadi di kota Blitar, namun kita harus tetap melaksanakan tahapan Pilkada sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Untuk itu, Polres Blitar kota berkomitmen bersama masyarakat supaya terus mengedepankan protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkada,” pada pelaksanaan Pilkada tahun ini, masih sering kita temukan pelanggaran protokol kesehatan, untuk itu kami semua di sini berkomitmen disiplin dan tetap mematuhi protokol kesehatan selama melaksanakan tahapan Pilkada,” Kata Leonard.

Baca juga :

Masih menurut Leonard, terkait sanksi pidana terhadap pelanggaran protokol kesehatan ini menjadi wewenang dari pihak kepolisian namun dalam konteks yang berbeda. Dikatakannya, bahwa aturan mengenai penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada sudah ada, yaitu diatur dalam PKPU No. 6 tahun 2020 dan PKPU No. 10 tahun 2020 terkait penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada.

” Saat ini, baik TNI, Polri, dan Pemkot sebenarnya juga sudah ada payung hukum yang menjadi landasan, yakni Inpres No. 6 tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019,” kata Leonard.

“Bagi siapa saja yang tidak patuh atau melakukan perlawanan hukum, bisa dijerat dengan pasal 212 KUHP, pasal 216 KUHP, dan pasal 218 KUHP, dan itu akan menjadi upaya terakhir dari kami dalam upaya penindakan, namun sekarang kami lebih fokus dalam melaksanakan upaya pencegahan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Cegah-Penyebaran-Covid-19-Polres-Blitar-deklarasi-bersama-masyarakat
Penandatangan Kepatuhan Protokol Kesehatan dari Perwakilan Partai Politik (dok.serayujatim.com)

Dalam Deklarasi tersebut turut serta dilaksanakan penandatangan Deklarasi Kepatuhan Protokol Kesehatan oleh Forkopimda kota Blitar, KPUD kota Blitar, Bawaslu kota Blitar, Perwakilan Partai Politik, dan Peserta Pilkada 2020. Selain penandatangan kesepahaman terhadap kepatuhan pada protokol kesehatan tersebut, turut serta dibagikan secara simbolis bantuan berupa Masker kepada perwakilan para peserta yang hadir.(FAK)

Cegah Penyebaran Covid 19

Artikel yang berhubungan dengan COVID 19

COVID 19

Tanya jawab COVID 19

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed